Senin, 15 November 2010

Pilih - pilih Bisnis Properti

Bisnis properti kalo diliat macamnya ada banyak sekali, mulai dari pengembang, pemasaran atau agen, hingga pelaku investasi properti, mana yang terbaik untuk dipilih sebagai core bisnis?

  1. Jembatan Properti, Para pelaku ini tidak memilih properti, tetapi melihat kemungkinan properti tersebut akan dapat menghasilkan value bagi mereka dengan menginformasikan kepada para pencari properti. Keuntungan mereka adalah biaya transaksi pengganti informasi yang mereka berikan. Kebanyakan adalah para broker, agen penjualan properti. Ilmu yang mereka butuhkan adalah kemampuan survey dan analisa sehingga bisa memberikan informasi mengenai properti, dan kelayakannya serta harga jual/beli yang pantas.
  2. Beli Murah, Jual Mahal. Para pelaku bisnis ini, biasanya mencari properti dengan harga-harga murah, atau bahkan karena tau jika properti harganya cenderung naik mereka tidak pilih - pilih properti, mereka beli kemudian menunggu waktu harga properti naik untuk mereka jual. Keuntungannya adalah selisih harga Beli dan harga Jual. Seperti bisnis perdagangan pada umumnya.
  3. Mencari, Mengolah, dan Menjual. Pelaku bisnis ini mencari properti yang bisa diolah dan memberikan added value sehingga akan mendapatkan harga jual dengan margin yang sebesar-besarnya. Biasanya mereka menggunakan semua daya upaya dan perhitungan yang cermat untuk melakukan bisnis ini, dan margin yang didapat bisa diproyeksikan sejak awal. Di sini adalah posisi bagi para Developer Properti.
  4. Investasi. Pelaku Bisnis mencari properti yang dapat memeberikan hasil setiap bulan dan setiap tahunnya berupa return value yang diharapkan bisa terus menerus dan berkelanjutan. Membutuhkan pengetahuan mengenai properti dan perhitungan yang cermat agar investasinya bisa menguntungkan.
Memilih core bisnis properti penting, untuk menentukan ilmu dan modal apakah yang harus kita siapkan untuk terjun dalam bisnis ini. Modal terpenting adalah kemauan, kemauan untuk memulai, kemauan untuk menambah ilmu, dan kemauan untuk melakukan ACTION!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar