Minggu, 14 November 2010

Susah, Belajar Bisnis Properti !!!

Bagiku, judul ini mewakili realitas yang terjadi pada banyak orang yang ingin terjun dalam bidang properti. Banyak orang mengikuti seminar, training dengan biaya yang tidak murah. Ya, nilai 2 juta, 4 juta hingga puluhan juta adalah sebuah angka yang besar bagi sebagian masyarakat Indonesia. Mungkin tidak untuk anda...

Apakah ada yang bisa menyatakan bahwa setiap peserta dari seminar, training akan berhasil dalam bisnis setelah mengikuti training ini? Berapa persenkah dari mereka yang sukses? Adakah diantara para pembicara tersebut dapat memberikan garansi bahwa jika mengikuti seminar dan training mereka, maka anda akan sukses?

Belum lagi, ketika anda pertama kali terjun dalam dunia bisnis properti, setelah mengikuti seminar dan training ini, anda harus punya modal besar untuk membeli, mengelola bisnis properti ini. Bagaimana anda akan mempunyai kosan yang memiliki pendapatan yang anda inginkan setiap bulan, bagaimana harus menemukan dan membayar lahan, membangun perumahan di atasnya dan menjualnya sehingga anda mendapatkan keuntungan.

Berdasarkan hal ini, kesimpulan saya, belajar bisnis properti memang mahal dan susah!


Aku teringat ketika sekolah dan kuliah. Hampir semua dari kita pasti pernah sekolah, dan pasti juga pernah merasakan betapa sulitnya mendapatkan nilai bagus ketika belajar suatu mata pelajaran/kuliah. Harus mengikuti proses belajar mengajar, mengerjakan tugas, mengulang pelajaran, mengikuti tes, dan juga tentu harus membayar uang sekolah untuk tetap bisa mengikuti proses belajar dan lulus kemudian. Sulitnya lulus dan mendapatkan nilai bagus pada saat itu mungkin sangat menjengkelkan. Aku pernah mengikuti perkuliahan, di mana dari 20 - 30 mahasiswa yang berhasil mendapatkan nilai A pada mata kuliah tersebut hanya 1 - 2 orang saja. Bahkan lebih banyak yang harus mengulang, atau berniat mengulang karena nilainya yang pas-pas'an. Namun ketika sudah lulus, cerita susahnya mendapatkan Nilai Bagus, bahkan ketika mendapat nilai E dan harus mengulang, akan menjadi sebuah cerita yang indah ketika kita bertemu dengan teman sekolah ato kuliah kita dulu. Bahkan banyak dari kita yang bangga bercerita kepada anak, istri kita.


Ya, ternyata untuk berhasil memang tidak ada yang mudah, butuh kemauan, komitmen pada diri sendiri serta usaha yang sungguh-sungguh. Dan jangan berhenti karena sebuah kegagalan, dan terus berusaha hingga berhasil. Pada saat itu, mangenang sebuah kegagalan akan menjadi bumbu penyedap kisah sukses kita.

Susah, Belajar Bisnis Properti... memang! Tetapi Sukses Bisnis Properti tidak sangat mungkin bagi kita semua....

1 komentar:

  1. Gan ana orang baru mau coba-coba bergelut di properti ada petunjuk yg lebih sepesifik lagi buat ana

    BalasHapus